#ContactForm1 { display: none ! important; }

Sunday 20 May 2012

[THOUGHTS] Plato: My Fave Quotes

Plato


Why Plato?
Yaa saya sendiri ga tau yaa kenapa tiba-tiba bahas Plato. Soalnya selama ini lebih tertarik dengan tulisan Gibran Khalil Gibran dibandingkan tulisan para filsuf, walaupun saya juga senang dengan Filsafat, hehe.

Jadi, ini ceritanya begini. Saya, ntah kenapa, selama beberapa bulan ini lebih tertarik untuk membaca Sejarah atau Filsafat saat pikiran lagi butek-buteknya. Padahaaaal, biasanya kalau otak lagi kusut yaa saya lari ke bacaan-bacaan atau hal lain yang kadarnya "lebih ringan" supaya otak menjadi lebih rileks. Makanya, biasanya saya jalan-jalan, melukis, menggambar, membuat desain pakaian, membuat desain felt crafts (puppet, panggung boneka, aksesoris, dll), menari, memasak, atau bahkan menulis dan bercerita.  Kalau punya lebih banyak waktu lagi, yaa saya memborong pinjaman komik, favorit saya komik yang berjudul "Hai, MIIKO!". Paling mentok membaca komik versi online-nya kalau memang tidak memiliki lebih banyak waktu luang karena harus mengetik segala macam tugas. Atau yaa sekalian saja saya beli buku baru, hihi. 

Penampakan beberapa sampul komik "Hai, Miiko!"

Intinya, saya memilih kegiatan "senang-senang". Sejarah dan Filsafat bagi saya setara dengan textbook. Hanya akan asik untuk dibaca oleh saya saat pikiran saya lebih rileks, sementara kalau pikiran lagi buntu justru bisa membuat makin ribet, hehe. Nah, salah satu akibat dari trend yang tiba-tiba berubah ini, saya jadi mengumpulkan beberapa quotes dari para filsuf, Aristotle dan Plato. Kali ini, saya hanya akan menyisipkan quotes dari Plato.

Kalau dipikir-pikir, wajar juga kalau teman-teman terdekat saya semakin sering protes karena saya semakin serius saat berpikir. Otak kiri saya semakin dominan. Soalnya, kegiatan "senang-senang" saya banyak tersingkirkan sementara, haha.

Plato baru saya lirik saat belajar Filsafat pertama kali ketika S1 dulu. Sebelumnya, saya hanya menyukai karya sastra tapi tidak berarti menyukai Filsafat. Walaupun mengenal istilah "Plato" sejak masih belajar Mafia (Matematika, Fisika, Kimia), tetapi saya tetap ora sudi lirik-lirik Plato, hehe. 


Plato merupakan salah satu filsuf Yunani Kuno. Bagi saya, Plato ini sangat jenius, seorang Matematikawan pula. Tapi di sini, saya akan membahas Plato sebagai seorang filsuf saja yaa. 


Sebagai seorang filsuf, Plato merupakan murid dari Socrates dan guru bagi Aristoteles. Dia juga pendiri Akademi Platonik, yaitu sekolah tingkat tinggi pertama di dunia Barat.

Oke, ini dia beberapa quotes yang saya sukai hingga saat ini.


Love is a serious mental disease.


People are like dirt.
They can either nourish you and help you grow as a person
or
They can stunt your growth and make you wilt and die.


A hero is born among a hundred.
A wise man is found among a thousand.
But an accomplished one might not be found even among a hundred thousand men.


Knowledge is the food of the soul.


Courage is a kind of salvation.
Courage is knowing what not to fear.


Cupsmuach! *ketjup para filsuf*
Have a blessed day!