#ContactForm1 { display: none ! important; }

Monday 11 June 2012

[FEELINGS] Beauty: Concept - Tips

 

SURAT CINTA UNTUK SAHABAT

Hai kamu, sahabat.
Kamu, cantik.
Kamu, menarik.
Kamu, berharga.
Kamu, istimewa.

Hai kamu, sahabat.
Cantik tidak selalu tentang keindahan ragawi.
Cantik juga tidak selalu tentang nominal harga sebuah produk.
Cantik itu, kamu sendiri.

Hai kamu, sahabat.
Kamu mungkin menganggap kulit putih itu cantik.
Kamu mungkin menganggap  rambut hitam dan lurus itu cantik.
Kamu bahkan mendewakan kosmetika, sama seperti aku dan wanita lainnya.

Tapi, sahabat.
Kamu harus menyadari bahwa kulit hitam juga cantik.
Kamu harus menyadari bahwa rambut berwarna dan bergelombang, keriting, atau kribo sekalipun juga cantik.
Kamu harus menyadari pula bahwa kosmetika hanya sebuah pelengkap, bukan segala-galanya.

Hai kamu, sahabat.
Konsep cantik itu sangat luas dan cenderung subjektif.
Di saat kamu menganggap diri kamu tidak lebih baik dibanding aku secara fisik, aku justru melihat diri kamu lebih menarik.
Di saat kamu selalu iri dengan kulitku yang lebih putih, aku justru iri dengan kulit kamu yang tidak pernah mengalami masalah alergi, tidak pernah berjerawat, tidak terlalu sensitif, dan tidak pernah bermasalah meski jarang melakukan perawatan.

Hai kamu, sahabat.
Iya, kulit aku lebih putih. Tapi kulit kamu lebih sehat dan tidak pernah bermasalah.
Iya, kulit aku lebih putih. Tapi kulit aku cenderung pucat, tidak seperti kulit kamu yang terlihat lebih bercahaya dan berseri-seri meskipun berwarna lebih gelap.
Iya, kulit aku lebih putih. Tapi aku membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan bekas goresan atau luka atau digigit serangga. Bahkan, bekas itu bisa saja tidak hilang dan terlihat sangat membekas hingga puluhan tahun. Ini jelas berbeda dengan kondisi kulit kamu, di mana semua bekas bisa tertutupi karena kulit kamu lebih gelap.
Iya, kulit aku lebih putih. Tapi seperti yang aku kerap katakan ke kamu, andai kamu mau lebih menilai positif diri kamu sendiri, maka kamu pun akan benar-benar menyadari bahwa kamu memiliki aspek lain yang juga menonjol dari gambaran fisik kamu.

Hai kamu, sahabat.
Kamu memiliki mata bulat indah yang selalu terlihat berbinar-binar. Kantung mata bahkan bertekuk lutut di wajah kamu, ia tidak berani menampakkan dirinya. 
Kamu memiliki bentuk badan dengan berat yang konsisten, tidak pernah mencapai kepala 5 seberapa banyakpun kamu mengkonsumsi makanan. 
Kamu memiliki senyum menawan dan saat kamu tersenyum akan terlihat barisan gigi putih dan rapi. Itu menambah keindahan senyuman kamu. 
Kamu memiliki rambut indah bergelombang dan cantik.
Kamu memiliki jari-jari tangan yang lentik.
Dan ada banyak lagi nilai positif dari fisik kamu yang dengan mudahnya dapat aku jabarkan satu per satu ke kamu.

Jadi, untuk apa kamu merasa iri dengan aku dan kulit putih aku jika di saat yang sama kamu pun memiliki banyak sekali aspek yang bisa ditonjolkan, mungkin lebih banyak dibandingkan aku dan para wanita lainnya?

Cukup syukuri apapun yang kamu miliki sekarang. Tidak perlu terlalu mendewakan kulit putih orang lain. Tidak perlu merasa iri dengan kulit putih orang lain. Karena kulit gelap kamu juga memiliki kelebihan dibandingkan aku dan wanita lain yang berkulit lebih putih.

Cukup nikmati apa yang sudah Tuhan berikan ke kamu. Tidak perlu selalu mengeluh tentang kulit gelap kamu. Tidak perlu selalu mengagungkan Beauty Concept yang digencarkan di dalam iklan kecantikan di negara kita.

Cantik tidak HANYA berlaku untuk wanita yang berkulit putih, tinggi langsing, dan berambut hitam lurus panjang. Cantik juga tidak HANYA berlaku untuk mereka yang sanggup membeli dan mengenakan pakaian dengan segala macam warna di tubuh mereka tanpa merasa khawatir "tabrak warna" karena kulit yang lebih gelap.

Beauty is not the size of clothes you wear or how you look.
Beauty is what size your heart is.
Just be you.
Vincent Castronova


Iya, sahabat. 

Just be you.
Sama seperti bunga.
Bunga itu cantik, dengan kecantikan yang menjadi ciri khas masing-masing.
Begitu juga kamu.
Kamu cantik, dengan kecantikan yang menjadi ciri khas kamu sendiri.
===


Aah, udahan aah curhat-nya. 
Ini saya lakukan karena sudah terlalu lelah mendengarkan keluhan yang sama selama bertahun-tahun saya mengenal salah satu teman wanita (yang bagi saya cantik dan menarik tapi dia tidak juga menyadari dan mensyukuri dirinya sendiri meski sudah dikatakan berkali-kali bahwa ia cantik dan menarik). Konsep diri dia terlalu rendah jika sudah terkait dengan konsep diri fisik. Padahal, dia punya banyak sekali aspek positif, baik secara fisik, akademis, karir, dan juga perilaku. Sayang sekali dia belum juga menilai dirinya secara lebih positif, seberapa seringpun orang lain mengingatkan dia tentang semua kelebihannya. Teman saya ini terlalu menilai rendah fisik dirinya, jadi semua nilai positif yang ia miliki seolah tidak memiliki arti sama sekali.

Tulisan ini saya buat untuk dia dan saya meminta dia untuk membaca tulisan ini, meresapi setiap kata yang saya untai supaya dia selalu ingat bahwa saya mengagumi dia dan kekaguman saya pasti akan semakin meningkat di saat dia semakin positif menilai fisiknya.

Tidak perlu terlalu berpatokan pada beauty concept yang menyesatkan itu. Seriously, saya juga kesal dengan konsep cantik yang didengung-dengungkan para pembuat iklan. Saya sering mendengar kasus-kasus di remaja perempuan yang belum apa-apa sudah terlalu terbuai dengan konsep "cantik = putih, tinggi, langsing, rambut panjang" dan belum apa-apa para lelaki pun (tidak hanya remaja laki-laki) mengamini konsep ini.

Kamu, memiliki banyak sekali kelebihan, my dear.

As I told you.
envy you because of many things you have achieved and I do not have yet.
I envy you because of many great experiences you have reached and I do not get yet.
Skin color is not important at all when you can show people the things you owned by yourself.
Skin color is not the best thing you have to get when you can show people the things you already have until now.
And I am pretty sure, many women out there will feel the same as they know you and your stories.

Okeeh!
Cukup sekian unek-unek sayaaahh *ciyum ciyum si teman*


Kini saatnya kita beralih ke Beauty Tips!
Mumpung saya punya contekan unyu dari majalah [S]tyle yang saya baca selama ngendon di salah satu salon muslimah di Depok hari Sabtu, 3 hari yang lalu. Beauty Tips ini pernah saya share di twitter dengan tagar #BeautyTips selama saya menunggu rambut saya selesai dirawat, hehehe. Biar eike ga bosen yaa cyiinnn. Yeiy tau kan yaa gimana lamanya kita kaum perempuan kalau sudah berurusan dengan kerempongan persalonan?

Here we go...
  1. Kuku dan gigi sama-sama mengandung enamel. Jadi kita bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan, menguatkan, dan mencerahkan kuku. Cukup sikat kuku tangan dan kaki dengan sikat gigi yang sudah diolesi pasta gigi. Kuku pun akan terlihat bersih dan sehat.
  2. Pilih lipstik warna pink natural. Goreskan sedikit lipstik di daerah pipi dan ratakan dengan jari/sponge agar wajah tetap fresh. Cara lainnya, bubuhkan lipstik ke kelopak mata kemudian bubuhkan juga sedikit bedak sehingga riasan mata tidak bergeser.
  3. Agar bulu mata lebih tebal dan panjang, sikat bulu mata secara teratur di malam hari dengan sikat gigi untuk memacu pertumbuhan akar rambut. Oleskan minyak vitamin E sebelum menyikat bulu mata tadi.
  4. Gosokkan potongan lemon atau 1/2 sendok teh baking soda ke ketiak untuk mengurangi bau badan saat kita kehabisan deodoran.
  5. Oleskan madu secukupnya secara merata ke bibir atas dan bawah sebelum tidur untuk mendapatkan warna bibir pink alami.
  6. Sehabis menyeduh teh di pagi hari, simpan kantung teh di dalam kulkas. Diamkan seharian. Kemudian, letakkan kantung teh tadi di mata kanan-kiri selama 10-15 menit sebelum kita tidur. Ini berguna untuk mengurangi mata panda.


Mana yang saya banget?
Tiada lain tiada bukan yaaa itu poin ke-6!! *tutupin mata panda*
Ini akibat terlalu sering begadang, bahkan terkadang tidak tidur,  selama 9 tahun terakhir, huhu *curhat lagiii, hahahaha


Cupsmuach! *ketjups kamu, sahabat*
Have a blessed day!