#ContactForm1 { display: none ! important; }

Thursday 3 May 2012

[EXPERIENCES] Tari Bedana

Tari bedana adalah salah satu tarian dari daerah Lampung, yang juga menjadi salah satu tarian daerah favorit saya. Pertama kali belajar tarian ini waktu saya masih SMP dan rasanya benar-benar menyenangkan. Bukan bermaksud lebay, tapi saya memang selalu merasakan kenikmatan tersendiri setiap menari Tari Bedana, hehe.

Aslinya, Tari Bedana ini merupakan tarian yang biasanya dilakukan oleh muda-mudi dan merupakan perwujudan dari ungkapan suka-cita. Kalau dicermati isi liriknya, tarian ini mengajak siapapun yang menarikan dan melihat orang lain menarikan ini untuk bergembira, melupakan kesedihan hati, dan bersenang-senang bersama. Seperti yang tertera di dalam liriknya "begukhau, begukhau lalang waya, jejama senang hati".

Fyi, saya asli berasal dari suku Lampung. Tapi, berhubung kemampuan saya berbahasa Lampung berada di level InsyaAllah sedikit-sedikit mengerti, jadi saya tidak sepenuhnya hapal lirik lagu yang digunakan sebagai music backsound Tari Bedana. Yang penting, paling tidak saya tahu budaya Lampung laah yaaaa *sedikit pemaksaan, hehehe.

Lapah kham jejama ngelestakhikon budaya Lappung.
Ki mak kham, seppa lagi?
Ki mak ganta, kapan lagi?
Ki mak dija, dipa lagi?


Artinya kurang lebih begini:
Mari kita bersama-sama melestarikan budaya Lampung. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan di sini, di mana lagi?
(sujud syukur).
Alhamdulillah masih ada lagi kata-kata dalam Bahasa Lampung yang masih saya ingat, hihihi.


Untuk lebih memahami pemaknaan dari Tari Bedana, bisa dicek di link ini. Alhamdulillah ada yang kemampuannya lebih canggih daripada saya untuk urusan beginian. Haha.

Nah, untuk mengetahui seperti apa Tari Bedana itu, bisa dicek di sini. Cuma satu yang mau saya komentari dari link barusan, kostum penarinya masih lebih cakepan yang selalu saya pakai saat menarikan Tari Bedana dulu. Hahaha *lupakan sajah, ga penting.

Well, menari memang masih menjadi salah satu hobi saya, yang sayangnya sudah amat sangat jarang saya lakukan. Padahal, biasanya, dengan menari maka pikiran saya menjadi lebih fresh


Dancing is one of powerful forms of magical spirit that help me to find a way to healing my energy.

(wisdom ala saya)

Cupsmuach! *ketjup Pak Nugraha, guru Tari SMPN 1 Bandar Lampung*
Have a blessed day!