#ContactForm1 { display: none ! important; }

Thursday 3 May 2012

[FEELINGS] I'm Happy, I'm Grateful

Tulisan kali ini sebenarnya refleksi diri, supaya bisa lebih bersyukur atas segala hal yang telah saya terima di setiap detik kehidupan yang diberikan Allah SWT kepada saya dengan gratis.

Menjalani kehidupan memang tidak akan selalu mulus, akan selalu ada bahagia-sedih, tawa-tangis, suka-duka, sehat-sakit, dan lainnya. Ibarat sebuah perjalanan, kadang kita akan bertemu dengan jalanan yang mulus-sepi dan membuat perjalanan menjadi sangat lancar, kadang akan bertemu dengan jalanan yang mulus-ramai sehingga membuat perjalanan tetap lancar tetapi sedikit tersendat, atau justru bertemu jalanan yang benar-benar berlubang-penuh bebatuan-curam dan membuat kita sangat sulit melalui jalanan tersebut sehingga butuh perjuangan ekstra dan bantuan sana-sini supaya kita mampu melanjutkan perjalanan ke tahap selanjutnya.

Nah, masalahnya, ada kecenderungan bagi kita untuk melupakan setiap inci kelancaran perjalanan mulus kita ketika sedang berhadapan dengan perjalanan yang penuh dengan kesulitan. Otak kita terlalu fokus untuk menyelesaikan perjalanan yang sulit ini sehingga emosi yang ada di diri kita cenderung negatif dan membuat kita lupa bahwa sebelumnya kita juga memiliki kebahagiaan, atau bahkan tidak menyadari bahwa di perjalanan penuh kesulitan ini sebenarnya ada juga terselip kebahagiaan.

Misalnya begini, saat kita mengalami kesulitan di perjalanan hidup dan membutuhkan bantuan. Lalu, kita mendapatkan bantuan tersebut. Terkadang kita menjadi lupa bersyukur bahwa masih ada nikmat di balik kesulitan yang kita rasakan. Kita juga menjadi lupa bahwa sebenarnya kesulitan ini membuat kita berlatih untuk menjadi lebih kuat. Seperti saat kita berada di dalam sebuah permainan, ada ujian yang harus ditempuh untuk bisa naik level kan?


Ada sebuah quote, ntah dari siapa yang menulisnya, yang berbunyi:

pretending to be happy when you're in pain
is just an example of how strong you are as a person.

Seorang sahabat yang menemani saya selama 9 tahun ini pernah mengingatkan saya bahwa setiapkali kita bertumbuh, pasti akan selalu merasakan kesakitan. Nah, kesakitan inilah yang harus kita maknai dengan baik supaya kita bisa menemukan setiap hikmah dari setiap kesakitan yang kita alami. Cukup diterima perasaan sakit tersebut, lalu nikmati, dan biarkan ia memberikan pembelajaran hidup bagi kita.  Tidak masalah kalau kita harus berpura-pura tidak merasakan sakit sementara kita sakit, seperti kata quote tadi. Justru itu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang kuat. Akan ada masa di mana kita  bisa menertawakan kesakitan kita saat ini. Pada saat itu tiba, artinya kita sudah sembuh.



Dulu ada dosen yang mengajarkan untuk membuat daftar "My Gratitude" setiap hari, supaya kita tidak berhenti untuk bersyukur meskipun hidup kita tidak selalu berjalan dengan mulus.

Coba, saya bikin daftar "My Gratitude" hari ini:
  1. Pagi-pagi saya bangun dan menyadari bahwa saya masih diberikan kehidupan, masih bernafas, masih bisa menikmati hidup di dunia, dan sehat. Saya tidak pilek karena alergi yang biasanya kumat harian, woman's period hari ini juga tidak "menyiksa" seperti kemarin, hehe. Jadi, sangat pantas kan yaa bagi saya untuk bersyukur kepada Allah SWT?
  2. Pagi-pagi saya diabsen beberapa teman lewat BBM. Mereka ini yang sampai sekarang rutin memastikan bahwa keadaan saya sehat, baik, dan siap beraktivitas ke kampus. Teman yang baik kan yaaa yang saya miliki ini? Jadi, mengapa saya tidak bersyukur masih diberi nikmat berupa teman-teman yang perhatian seperti ini?
  3. Ada beberapa teman yang mengetahui dengan pasti bagaimana suasana hati saya saat ini. Mereka ini di luar teman-teman saya di daftar nomor 2. Nah, sama seperti teman-teman di daftar nomor 2, mereka ini juga rutin memantau kabar saya sehari-hari. Rutin mengajak saya bercanda dan membahas hal-hal menyenangkan, rutin saling memberikan kabar melalui telepon/BBM, dan tidak segan untuk memasang foto di Display Picture atau Personal Message dan Status BBM mereka dengan quote penyemangat yang ditujukan kepada saya. Huwooww! Saya bisa tiba-tiba menangis saking terharunya memiliki teman-teman seperti ini, haha. Jadi, sudah pasti saya harus bersyukur dong yaa?
  4. Saya kangen makan bakso, tiba-tiba saya ketemu penjual bakso gerobak yang di dalam satu porsi mangkok baksonya bisa diisi dengan bakso tahu, bakso urat, bakso isi, dan bakso telur sekaligus. Wuidiiiii! Harga per porsi cuma Rp. 7.000,00 padahal paket komplit gitu. Bersyukur? Sudah pasti, haha.


Di atas adalah beberapa hal, yang mungkin sederhana, tapi wajib saya syukuri hari ini. Kalau mau dijabari satu per satu, akan ada lebih dari 4 hal yang bisa membuat saya sangat bersyukur hari ini. 

Tidak butuh hal "wah", "heboh", "spektakuler" kok untuk membuat kita bersyukur. Kalau kita mau membuat daftarnya dengan sangat bersungguh-sungguh, pasti akan banyak hal yang bisa membuat kita mensyukuri setiap nikmat yang kita alami hari ini.


Gratitude is the fairest blossom which springs from the soul ~ Henry Ward Beecher.


Cupsmuach! *ketjup teman-teman KLD yang mempublikasikan #MyGratitude pertama kali di twitter*
Have a blessed day!