#ContactForm1 { display: none ! important; }

Thursday 31 May 2012

[FACTS] Happy International Children's Day


Peringatan Hari Anak di berbagai dunia ditetapkan dalam rangka memberikan penghargaan dan juga harapan bagi kehidupan anak-anak. Sebagian besar negara merayakan Hari Anak setiap tanggal 20 November, lebih dikenal dengan sebutan Universal Children's Day, sesuai dengan rekomendasi dari United Nations. Universal Children's Day diumumkan pertama kali oleh United Nations General Assembly pada tahun 1954.


Nah, hari ini, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai International Day for Protection of Children. Perayaan ini dimulai sejak tahun 1950 berdasarkan hasil ketetapan dalam sebuah kongres yang diadakan oleh Women's International Democratic Federation pada bulan November 1949.

Negara-negara yang merayakan Hari Anak pada tanggal 1 Juni antara lain Albania, Angola, Armenia, Azerbaijan, Bulgaria, China, Republik Czech, Ekuador, Jerman, Kosovo, Laos, Myanmar, Mongolia, Mozambique, Nikaragua, Polandia, Portugal, Romania, Rusia, dan Vietnam.



Hayyoooo!!!
Kalau di Indonesia kapan hayooo? Siapa yang bisa jawaaabbb? *lempar mic ke audience*



Yakkk!!!
Perayaan Hari Anak di Indonesia dilakukan setiap tanggal 23 Juli. Saya belum mendapatkan info, lebih tepatnya belum mencari info, kapan dan di mana pusat perayaan Hari Anak Indonesia  2012 akan diadakan. Sudah 2 tahun belakangan saya tidak pernah terlibat secara langsung di dalam event perayaan Hari Anak karena kesibukan perkuliahan di Depok. Dengan kata lain, sudah 2 tahun belakangan juga saya jadi ga gaoolll untuk urusan seperti ini *self puk-puk* *cediiihh cekaliiiihh*

Tapi, mengingat tanggal 23 Juli 2012 sudah masuk bulan Ramadhan dan sepertinya tidak mungkin anak-anak yang sedang berpuasa dikumpulkan dalam suatu event besar seharian, jadi kemungkinan besar perayaan Hari Anak Indonesia 2012 akan dimajukan. 

Salah satu teman saya yang bekerja di World Vision Indonesia pernah bercerita kalau kantornya akan merayakan hari anak di Museum Fatahillah sekitar tanggal 17 Juli (fyi, oot dikit, ini hari ulang tahun Ayah saya!!) dengan mengundang 1000 anak jalanan yang menjadi anak binaan mereka. Hmmm, kayanya saya akan ikutan acara ini deh. Eh, atau ikut yang Jambore Anak? *dilema lagiiiii, awas aja kalau jadi gagal semuaaaaa gara-gara jadwal saya yang tiba-tiba bentrok sama urusan kuliah, ahahaha*

Masih ada waktu untuk berpikir kan yaaa?
Okeeh! Saya akan memikirkan lagi mana kegiatan yang tidak bentrok dengan jadwal saya dan insyaAllah tahun ini bisa terlibat secara langsung, seperti yang terakhir kali saya lakukan tahun 2009 di Ancol. Kangen beraaaatt maaakkk untuk terlibat di kegiatan bersama anak-anak.

SELAMAT HARI ANAK!!!


Cupsmuach! *ketjups semua anak-anak, para pekerja sosial yang concern dengan isu-isu anak, para volunteer yang aktif berjuang bagi anak-anak, dan para orangtua maupun orang-orang dewasa lainnya yang sayang anak di seluruh dunia. Semoga harapan kita semua untuk mewujudkan dunia yang ramah anak benar-benar bisa terwujud, sekarang, ataupun nanti. Aamiin*
Have a blessed day!